Anggota Pramuka Harus Pegang Teguh 4 Pilar Kebangsaan

Probolinggo, Kabarpas.com – Sebagai generasi muda calon pemimpin bangsa di masa mendatang, dalam kehidupan sehari-hari anggota pramuka di Kabupaten Probolinggo harus selalu berpegang teguh kepada 4 (empat) pilar kebangsaan. Yakni, Pancasila, Undang-undang Dasar (UUD) Tahun 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhinneka Tunggal Ika

Hal tersebut disampaikan oleh Wakil Ketua Bidang Pengabdian Masyarakat dan Humas Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Asy’ari ketika membuka Caturwulan VII (Caturwulan ke-21) tahun 2017 yang digelar Kwartir Cabang (Kwarcab) Gerakan Pramuka Probolinggo di Komplek Areal SMA Taruna Dra Zulaeha Leces, Jum’at (15/12/2017) malam.
“Empar pilar kebangsaan ini harus menjadi pedoman dan kunci para anggota pramuka dalam kehidupan sehari-hari. Jika ini dilakukan, niscaya kalian akan menjadi generasi muda yang bermanfaat dan berguna bagi nusa dan bangsa,” katanya.
Kegiatan yang digelar oleh Dewan Kerja Cabang (DKC) dan Brigade Penolong (BP) 13.13 Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo ini diikuti oleh 500 peserta dari gugus depan pangkalan sekolah tingkat SMA/SMK/MA negeri/swasta se-Kabupaten Probolinggo.

“Caturwulan ini adalah hasil kesepakatan yang dilakukan oleh adik-adik pramuka penegak/pandega untuk mengisi dan meningkatkan, tidak hanya kegiatan kepramukaan saja tetapi menciptakan kegiatan yang inovatif dan kreatif,” terangnya.

Asy’ari menerangkan dalam rangka siaga terhadap bencana, walaupun tidak mengharapkan adanya bencana di Kabupaten Probolinggo, dilakukan lomba mendirikan tenda keluarga dengan tujuan semua pramuka penegak/pandega suatu saat dibutuhkan dapat mendirikan tenda milik BPBD ini guna tempat sementara pengungsi.
“Lomba distribusi logistik adalah bagaimana cara manakala pada medan yang berat, logistik harus sampai pada sasaran. Oleh karena itu diperlukan cara mengirim logistik dengan peralatan yang konvensional tidak menggunakan helikopter atau yang lain,” tegasnya.
Tidak hanya itu, juga ada lomba kue kuliner dari bahan singkong yang ada dan mudah didapat di lokasi dengan maksud bisa memberikan hidangan yang baik. Selanjutnya bilamana ini disukai oleh masyarakat, maka adik-adik pramuka secara langsung dengan varian jenis kue kuliner bisa juga dijadikan sebagai usaha ekonomi untuk masa depan.

“Selanjutnya ada 2 (dua) lomba yang sifatnya hiburan dan hobbi, yakni olahraga sepak takraw serta pentas musik dan vokal. Inipun manakala adik-adik tekun belajar dan berlatih akan membawa manfaat dan peningkatan prestasi pada masa yang akan datang,” terangnya.
Kegiatan Caturwulan VII ini akan dilaksanakan mulai Jum’at hingga Minggu (15-17/12/2017). “Tujuannya agar mereka lebih giat dan mengikuti kegiatan-kegiatan yang sifatnya ada manfaat bagi keterampilan selain kegiatan kepramukaan dengan tidak meninggalkan prinsip-prinsip dan metodik pendidikan gerakan pramuka,” ungkap Sekretaris Kwarcab Gerakan Pramuka Probolinggo Didik S. Wahyudi. (*).

Leave a Reply

TUTUP MENU