ALUMNUS SMA TARUNA Dra. ZULAEHA MENGUKIR PRESTASI GEMILANG SEBAGAI WISUDAWAN TERBAIK ITS TAHUN 2021

Dialah Muhammad Ammar Asyraf yang kerap disapa Ammar. Pada 14 Oktober 2021 lalu, www.detik.com menuliskan kisahnya sebagai lulusan bidikmisi terbaik di wisuda ke-124 ITS, dengan nilai IPK yang sangat memuaskan, yakni 3,82.

Berita ini tentu membuat seluruh keluarga besar Sekolah Taruna Dra. Zulaeha bersyukur, bahagia, sekaligus bangga. Ammar merupakan Alumni SMA Taruna Dra. Zulaeha tahun 2017 yang prestasinya patut diacungi jempol.

Semenjak menjadi mahasiswa di ITS, Ammar sangat aktif berorganisasi termasuk menjadi Ketua Himpunan Mahasiswa Jurusan. Tidak hanya itu, si Pemuda yang selalu haus akan pengalaman ini juga pernah mengikuti lomba PKM.

Menelisik kembali ketika Ammar masih duduk di bangku SMA Taruna Dra. Zulaeha, sederet prestasi telah berhasil diraihnya. Sejak kelas X, ia sangat gemar mengikuti lomba. Pelajaran yang paling disukainya adalah fisika. Bahkan, untuk pelajaran yang satu ini, ia sampai merelakan waktu luangnya untuk belajar lebih mendalam bersama Ibu Pratiwi yang merupakan salah satu guru fisika di SMA Taruna Dra. Zulaeha di luar jam pelajaran hingga sore hari. Ketertarikannya terhadap fisika berhasil membawa mimpinya untuk berkuliah di Program Studi Teknik Fisika ITS.

Lomba pertama yang pernah diikutinya saat itu sempat membawa Ammar ke Malang bersama seorang temannya yang bernama Bagus. “Walaupun saat itu hanya sempat melaju sampai tahap kedua dan belum berhasil meraih juara, tetapi pengalaman tersebut tetap menjadi sesuatu yang berkesan,” cerita sosok alumni yang lulus di ITS dengan predikat Cumlaude tersebut.

Belajar serta usahanya yang pantang mundur, membuatnya selalu mencoba hal baru dan terus mencari pengalaman. Setiap ada lomba, ia ikuti. Bahkan, ketika masih kelas X ia juga pernah mendapat juara pertama OSN Fisika serta mewakili Provinsi. “Alhamdulillah,” tuturnya.

Luar biasanya lagi, bukan hanya aktif dalam pelajaran, Ammar pun turut aktif di bidang ekstrakurikuler PMR. Ia mengaku tertarik dan lagi-lagi mengikuti lomba. Hasilnya, tentu saja sangat memuaskan.

“Waktu itu di PMR, sampai dapat gelar juara umum JUMBARA. Dan itu sangat memorable karena banyak kisah mengharukannya,” kenangnya sembari mengingat berbagai perjuangannya semasa SMA.

Ketika ditanya mengenai kegiatan ekstrakurikuler, apakah mengganggu pelajarannya, pemuda ini mengungkapkan bahwa ia tidak terganggu sama sekali. Tipnya hanya satu. Yaitu fokus di sekolah dan istirahat di rumah.

Memasuki kelas XII, Ammar lebih fokus ke persiapan pasca SMA. Belajar lebih giat dan rajin mencari berbagai informasi tentang perkuliahan dan beasiswa.

Tak lupa, pemuda yang selalu bersikap rendah hati ini ingin memberikan semangat kepada seluruh adik-adiknya di SMA Taruna Dra. Zulaeha, baik kelas X, XI, maupun kelas XII yang sedang berjuang untuk masuk PTN/PTK yang diimpikannya.

“Tidak ada yang tidak mungkin, usahakan yang terbaik dan panjatkan doa terbaik pula, Insya Allah hasil terbaik akan diterima,” pungkasnya.

Selepas wisuda S1, Ammar akan melanjutkan perkuliahannya di jenjang S2 tanpa biaya. Dia mendapatkan beasiswa untuk melanjutkan S2 Program Studi Teknik Fisika di ITS.

Semoga ke depannya, SMA Taruna Dra. Zulaha akan terus mencetak siswa-siswi yang berprestasi besar dan mengharumkan nama SMA Taruna Dra. Zulaeha, baik di bidang akademis maupun non akademis.

Semoga SMA Taruna Dra. Zulaeha akan terus melahirkan generasi yang berilmu tinggi, luhur budi, namun tetap rendah hati, aamiin.